Seminar Universitas PGRI Semarang, PENILAIAN KINERJA UNTUK PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU BERKELANJUTAN

Font Size: 
PKB MENJADI TEKANAN SEKALIGUS TEROBOSAN PENINGKATAN KUALITAS GURU SEKOLAH DASAR
Vania Natassia

Last modified: 2012-11-14

Abstract


Pendidikan adalah usaha sadar dan terncana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensinya. Potensi peserta didik akan dapat berkembang dengan baik, apabila gru dapat memberikan cara yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Untuk memahami hal itu, guru dituntut untuk dapat profesional. Terlebih bagi guru sekolah dasar yang memiliki tanggung jawab yang besar dalam memberikan bimbingan dan pengajaran pada anak didiknya yang masih berusia 7-12 tahun dimana usian tersebut anak masih suka bermain dan dalam tahap operasional konkret.

Sejalan dengan hal tersebut, pemerintah berupaya untuk mengembangkan keprofesionalan guru yaitu PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan). Guru sebagai insan pendidikan memiliki tugas yang berat dalam melaksanakan tugasnya, namun respon yang diberikan dapat mempengaruhi kinerja guru dalam menjalankan kewajiban sebagai guru. PKB dapat menjadi tekanan bagi guru apabila guru memberikan tanggapan yang kurang baik akan hal itu, sedangkan PKB juga merupakan trobosan bagi guru dalam mengembangkan keprofesionalannya. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan memiliki keikhlasan dalam menjalankan amanat dan memiliki kesadaran TERAPI (Terus Ajukan Pendidikan Indonesia). Dengan keikhlasan dan kesadaran tersebut guru akan menyadari perannya sebagai insan pendidikan. Sejalan dengan kesadaran TERAPI, guru memiliki empat tuntutan kemampuan dari huruf G U R U. G adalah giat, U adalah Ulet, R adalah ramah dan U adalah untuk Indonesia.

 

Kata kunci: PKB, kesadaran TERAPI dan GURU.