Seminar Universitas PGRI Semarang, PENILAIAN KINERJA UNTUK PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU BERKELANJUTAN

Font Size: 
PENINGKATAN KINERJA GURU PAUD DALAM RANGKA PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK
Dwi Prasetiyawati Diyah Hariyanti

Last modified: 2012-11-14

Abstract


Kinerja guru PAUD merupakan suatu upaya untuk mengetahui kecakapan maksimal yang dimiliki oleh seorang guru PAUD berkenaan dengan proses dan hasil pelaksanaan kegiatan yang dilakukan atas dasar kriteria tertentu. Kewajiban pendidik adalah (1) menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkang, kreatif, dinamis, dan dialigis; (2) mempunyai komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan; dan (3) memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Kompetensi yang harus dimiliki oleh guru PAUD yang digunakan sebagai acuan penilaian kinerja guru PAUD, adalah kompetensi pedagosik, kopetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Keempat kompetensi tersebut merupakan satu kesatuan yang harus dimiliki oleh setiap guru PAUD untuk menghasilkan kinerja yang maksimal.

Penerapan indikator penilaian kinerja guru PAUD yang tepat dalam pelaksanaan proses belajar mengajar akan memberikan hasil belajar yang baik pula bagi peserta didik. Hal ini dikarenakan setiap indikator yang harus ada pada anak telah mereka peroleh. Apalagi, jika hal ini dimulai sejak dini. Ini berarti peran guru PAUD PAUD sebagai pendidik pertama semakin berat. Pendidikan PAUD harus mampu menerapkan setiap kompetensi yang ada dalam indikator kinerja guru PAUD, sehingga anak mampu untuk belajar aktif, bersosialisasi, dan belajar profesional sejak dini.

Kata kunci: kinerja guru PAUD, pendidik, peserta didik


Full Text: PDF