Seminar Universitas PGRI Semarang, PENILAIAN KINERJA UNTUK PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU BERKELANJUTAN

Font Size: 
PENINGKATAN KINERJA GURU PAUD MELALUI MANAJEMEN PENDIDIKAN
Kristanto kristanto, Muniroh Munawar

Last modified: 2012-11-14

Abstract


Pendidikan sangat berperan dalam membentuk baik atau buruknya pribadi manusia menurut ukuran normatif. Menyadari akan hal tersebut, pemerintah sangat serius menangani bidang pendidikan, sebab dengan sistem pendidikan yang baik diharapkan muncul generasi penerus bangsa yang berkualitas dan mampu menyesuaikan diri untuk hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Standardisasi kompetensi guru PAUD adalah suatu ukuran yang ditetapkan bagi seorang guru PAUD dalam menguasai seperangkat kemampuan agar berkelayakan menduduki salah satu jabatan fungsional guru PAUD, sesuai bidang tugas dan jenjang pendidikanya. Persyaratan dimaksud adalah penguasaan proses belajar mengajar dan penguasaan pengetahuan. Jabatan fungsional guru PAUD adalah kedudukan yang menunjukan tugas, tanggungjawab, wewenang, dan hak seseorang guru PAUD yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian dan/atau keterampilan tertentu serta bersifat mandiri.

Manajemen pendidikan ini merupakan suatu bentuk strategi dalam memaksimalkan pencapaian hasil belajar siswa. Manajemen pendidikan dapat dipahami sebagai proses pemilihan dan penerapan strategi-strategi. Srategi adalah pola alokasi sumber daya yang memungkinkan organisasi-organisasi dapat mempertahankan kinerjanya. Pelaksanan manajemen pendidikan dilakukan secara profesional dan proporsional. Setiap guru PAUD dituntut untuk memiliki kapasitas dan dapat mengembangkan metode pembelajaran. Secara umum manajemen pendidikan terbukti dapat membantu para guru PAUD untuk meningkatkan kemampuan kompetensi guru PAUD dalam bidang pengajaran.

 

Kata Kunci: Kompetensi, Manajemen Pendidikan

Full Text: PDF