Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2014

Font Size: 
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 OLEH GURU BAHASA INGGRIS DI SMA NEGERI PILOT PROJECT PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 KOTA SEMARANG
Ngasbun Egar, Siti Musarokah, Fitri Yulianti

Last modified: 2016-09-23

Abstract


Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menginvestigasi implementasi Kurikulum 2013 oleh Guru Bahasa Inggris di SMA Negeri Pilot Project Pelaksanaan Kurikulum 2013 Kota Semarang. Penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru terkait pelaksanaan Kurikulum 2013 . Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah Guru bahasa Inggris di SMA Negeri Pilot Project Pelaksanaan Kurikulum 2013 Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive Sampling. Data penelitian ini dikumpulkan melalui questioner,  wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian ini adalah kualitatif dan dianalisis menggunakan gabungan kualitatif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kurikulum 2013 telah diimplementasikan oleh guru bahasa Inggris sebesar 3795 atau 82,5% . Dengan kata lain, implementasi Kurikulum 2013 oleh guru Bahasa Inggris di SMA pilot project pelaksanaan kurikulum 2013 telah diterapkan dengan baik dengan kategori sering. Permasalahan yang muncul terkait dengan Penerapan Kurikulum 2013 oleh Guru Bahasa Inggris SMA Negeri Pilot Project Penerapan Kurikulum 2013 di Kota Semarang adalah tentang buku teks ajar, jam mengajar yang kurang, terjadi “perebutan” kelas dan jam mengajar untuk mendapat 24 jp per minggu, dan masih kurangnya sosialisasi Kurikulum 2013 dari pemerintah terkait.

Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum 2013, Guru Bahasa Inggris, SMA Negeri Pilot Project


Full Text: 346-351