Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2014

Font Size: 
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURUAN KARAKTER KREATIVITAS SISWA
Supardi Supardi, Haryanto Haryanto, Huri Suhendri

Last modified: 2016-03-01

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendesain dan mengembangkan instrument pengukuran karakter kreativitas siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (research and development) dengan analisis kualitatif deskriptif. Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari: kajian teori, desain instrumen, uji pakar secara kualitatif dan kuantitatif, pra uji empirik kepada siswa tingkat SLTA, dan uji empirik kepada siswa tingkat SLTA. Pada tahap pra uji empirik dan uji empirik, dilakukan pengujian validitas butir dan pengujian reliabilitas instrumen. Dari setiap tahapan pengujian yaitu : uji pakar, pra uji empirik, dan uji empirik akan dilakukan perbaikan atau revisi sehingga instrumen yang dikembangkan memenuhi syarat. Dari hasil penelitian dan pengujian, maka disimpulkan bahwa : (1) instrument pengukukuran karakter kreativitas siswa dapat dikembangkan dengan 6 indikator terdiri dari : tidak berpuas diri atas hasil yang ada, berupaya dan mencoba hal-hal baru, memiliki ide-ide positif dan terbarukan, mampu menyelesaikan masalah dengan berbagai cara, memiliki pengetahuan yang luas dan terbuka, dan mampu beradaptasi terhadap perkembangan lingkungan; (2) Hasil pengembangan diperoleh instrumen untuk pengukuran karakter kreativitas siswa dalam bentuk penilaian diri berupa instrumen non-tes skala penilaian dengan menggunakan skala pengukuran berbentuk skala Likert dengan 5 pilihan jawaban, yaitu : selalu, sering, kadang-kadang, jarang, tidak pernah sebanyak 30 butir. Instrumen pengukuran yang dihasilkan dilengkapi dengan petunjuk penggunaan dan petunjuk pengisian.

Kata kunci: pengembangan, instrumen, karakter, kreativitas, siswa.


Full Text: 290-297