Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2014

Font Size: 
THE EFFECTIVENESS OF COMMUNICATIVE PURPOSE BASED APPROACH TO IMPROVE ENGLISH SPEAKING SKILLS IN EAP SETTING: (A CASE STUDY OF INDONESIAN EDUCATION DEPARTMENT IN UNIVERITAS PGRI SEMARANG
Listyaning Sumardiyani, Dwi Destriani, Sari Kusumaningrum

Last modified: 2016-03-01

Abstract


English for Academic Purposes (EAP) adalah suatu pendekatan dimana isi dari pembelajaran bahasa Inggris dan kegiatan pembelajaran pada area program studi diterapkan sesuai dengan kebutuhan dari pembelajar. Subyek dari penelitian ekperimental ini adalah mahasiswa semester lima, jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Indonesia di IKIP PGRI Semarang tahun akademik 2013/2014. Jumlah dari mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Seni Indonesia adalah 26 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan tes performa. Data dianalisis menggunakan formula t-test dan dibandingkan dengan t-table. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa ada nilai signifikan antara hasil pre-test dan posttest. Hasil dari kalkulasi t-test adalah 9.97. Karena t-table adalah 2.04, maka dapat disimpulkan bahwa t-test> t-table. Kalkulasi data menunjukkan bahwa hasil dari t-test lebih tinggi dari t-table, yang artinya bahwa hipotesis yang diterima adalah hipotesis positif yang mengatakan bahwa "Hi: ada perkembangan signifikan atas kemampuan speaking mahasiswa yaitu kemampuan untuk menampilkan ide-ide dari elemen-elemen

yang ada pada cerita rakyat yang telah mereka baca setelah di ajar dengan menggunakan Communicative Purpose Based Approach.”

Kata Kunci: Communicative Purpose Based Approach, English Speaking, EAP Setting


Full Text: 262-282