Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2014

Font Size: 
INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER - RELIGIUS DAN PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PENGAJARAN GRAMMAR SISWA SMP AL – FIKRI SEMARANG
Subur Laksmono, Sri suneki, Ririn Ambarini

Last modified: 2016-03-01

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian model integrasi pendidikan karakter – religius dan pembelajaran tematik dalam pengajaran Grammar siswa SMP Al-Fikri Semarang. model integrasi pendidikan karakter – religius dan pembelajaran tematik dalam pengajaran Grammar siswa SMP ini diawali dengan tahapan analisis kebutuhan yang kemudian dikembangkan model pembelajarannya, memvalidasi isi dan konstruk draf model pembelajaran kepada ahli, perbaikan Draf model pembelajaran termasuk bahan ajar, lembar kerja siswa dan lesson plan yang valid dan reliabel. Model pembelajaran ini diharapkan dapat digunakan oleh guru-guru bahasa Inggris sebagai acuan dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa SMP melalui tema pendidikan karakter - religius. Penelitian diawali dengan studi pendahuluan yaitu kajian teori dan temuan penelitian dengan menyusun draft model pembelajaran. Yang dilanjutkan dengan tahap memvalidasi draft model pembelajaran kepada ahli dan menguji instrumen, perbaikan model pembelajaran termasuk didalamnya bahan ajar, lembar kerja siswa dan lesson plan. Tahapan terakhir adalah menuliskan model pembelajaran yang valid dan reliabel yaitu dihasilkannya buku ajar bahasa Inggris yang bertemakan pendidikan karakter – religius dilengkapi dengan lembar kerja siswa dan lesson plan. Hasil penelitian adalah bahwa tingkat signifikan dari t-table 0.05 adalah 2.042 sementara hasil dari t tes adalah 2.61. Hasil dari t-test lebih tinggi dari t-table, ini berarti bahwa hipotesis yang diterima adalah Hi yang menyatakan bahwa ada nilai signifikan dari kemampuan Grammar siswa setlah model pembelajaran tematik yang diimplementasikan lebih khusus dalam bentuk integrasi pendidikan karakter – religius dalam pengajaran Grammar siswa SMP.

Kata Kunci: Integrasi, Pendidikan Karakter, Religius, Pembelajaran Tematik, Grammar


Full Text: 242-251