Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2014

Font Size: 
PENGEMBANGAN MODEL PROJECT CITIZEN SEBAGAI UPAYA IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PPKN SMA DI KOTA SEMARANG
Titik Haryati, Rosalina Ginting, Rahmat Sudrajat

Last modified: 2016-03-01

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengembangan Model Project Citizen sebagai Upaya Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran PPKn SMA di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dilaksanakan di Kelas XI SMA N 3 Semarang dan SMA Kesatrian 1 Semarang dengan design eksperimen menggunakan one-group pretest-postest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model Project Citizen, pembelajaran PPKn menjadi lebih efektif daripada penerapan model konvensional. Penerapan model Project Citizen memberikan sumbangan rata-rata sebesar 16,3 % pada kelas uji coba dan sebesar 12,6% pada kelas kelas kontrol terhadap meningkatnya hasil belajar siswa. Dengan demikian, model Project Citizen dapat digunakan para pengajar (guru) dalam mengimplementasikan nilai dan semangat pendekatan saintifik kepada para peserta didik (siswa).

Kata kunci: Saintifik, Project Citizen, PPKn


Full Text: 224-232