Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2014

Font Size: 
PENGEMBANGAN AUTHENTIC ASSESMENT DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BEKERJA ILMIAH MAHASISWA
Djariyo Djariyo, Arfilia Wijayanti, Khusnul Fajriyah

Last modified: 2015-12-28

Abstract


Bergulirnya kurikulum 2013 menuntut penyesuaian sistem penilaian dan pembelajaran yang mendukung. Penilaian autentik (penilaian yang sebenarnya) menjadi dasar penilaian pada kurikulum 2013 khususnya jenjang SD yang titik berat pembelajarannya adalah penguatan karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem asesmen autentik pada mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPA SD untuk meningkatkan keterampilan bekerja ilmiah mahasiswa calon guru SD. Desain penelitian yang digunakan adalah R&D yang diarahkan untuk mengembangkan perangkat asesmen autentik berbasis proyek dengan pendekatan saitifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa autentic asessment berbasis proyek dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan bekerja ilmiah dengan efektif. Setiap aspek keterampilan bekerja ilmiah mahasiswa mengalami penningkatan. Secara keseluruhan peningkatan (gain) keterampilan berpikir ilmiah sebesar 0,81 yang artinya peningkatannya dengan kriteria tinggi.

Kata Kunci: autentic assesment, pendekatan saintifik, bekerja ilmiah, calon guru SD.


Full Text: 209-218