Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2014

Font Size: 
PENGEMBANGAN MODEL DISKUSI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR
Mudzanatun Mudzanatun, Agus Wiyanto, Ferina Agustini, Donny Anhar Fahmi

Last modified: 2015-12-28

Abstract


Perkembangan zaman dalam bidang ekonomi, politik, teknologi, budaya dan pendidikan semakin pesat. Menghadapi situasi ini sistem pendidikan harus dapat dilaksanakan dalam berbagai aspek, dimensi, jenjang dan tingkat pendidikan. Setiap aplikasi kurikulum mempunyai model pembelajaran yang berbeda-beda, demikian pula pada kurikulum sekarang ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan prosedur dengan meliputi; analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli, uji coba lapangan yang meliputi uji kelompok kecil dan uji kelompok besar, revisi produk, dan hasil produk pengembangan. Model diskusi terbimbing adalah salah satu model pembelajaran yang diterapkan pada kurikulum 2013.Model diskusi terbimbing yang diaplikasikan kepada siswa harapannya dapat menjadikan salah satu pemecahan masalah dari kegiatan yang dilakukan yang berhubungan dengan proses pembelajaran. Adapun harapan yang diinginkan setidaknya: 1) dapat meningkatkan minat siswa terhadap materi pembelajaran, 2) dapat menjadi solusi untuk
mengatasi rasa kejenuhan atau rasa bosan siswa dalam belajar yang selama ini masih tergolong
dalam kategori monoton.

Kata kunci : Pengembangan, Diskusi Terbimbing, Kualitas Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar.


Full Text: 201-208