Last modified: 2015-12-28
Abstract
Upaya meninglatkan kualitas pendidikan Indonesia masih harus terus dilakukan karena masih rendahnya kualitas pendidikan, salah satu caranya adalah dengan melaksanakan stategi pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (children center) yang dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis ICT. Salah satu pemanfaatan pengunaan ICT dalam pembelajaran adalah dengan melaksanakan pembelajaran mengunakan strategi belajar Flipped Classroom dengan bantua media belajar dengan mengunakan software Pesona Edu. Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan cara studi komparasi yaitu membandingkan kegiatan pembelajaran berbasis flipped classrom dengan stategi pembelajaran mengunakan stategi pembelajaran dan media konvensional, diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang mengunakan strategi belajar fliped clasroom dengan yang mengunakan strategi belajar konvensional. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan strategi belajar mengunakan pendekatan flipped classroom dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP di DKI Jakarta.
Kata Kunci : flipped classroom, pesona edu dan hasil belajar