Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2014

Font Size: 
MODEL PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA PAUD DI KOTA SEMARANG
Ismatul Khasanah, Aries Tika Damayani, Rustopo Rustopo, Qoriati Mushafanah

Last modified: 2015-12-28

Abstract


Persoalan karakter adalah persoalan yang urgent dan mendasar dalam dunia pendidikan. Guru, sebagai fasilitator memiliki peran penting dalam pendidikan agar anak memiliki karakter mulia. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan metode research and development. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan model pendidikan karakter di PAUD di kota Semarang. Data yang dikumpulkan ialah data yang berhubungan dengan model pendidikan karakter pada anak yang tepat sesuai dengan perkembangan anak siswa PAUD di Kota Semarang. Adapun temuan dari penelitian ini antara lain meliputi: Pertama adalah tujuan pendidikan karakter pada anak. Pendidikan karakter pada anak memiliki makna lebih tinggi dari pendidikan moral karena tidak hanya berkaitan dengan masalah benar atau salah, tetapi bagaimana menanamkan kebiasanan (habit) tentang perilaku yang baik dalam kehidupan, sehingga anak memiliki kesadaran dan pemahaman yang tinggi, serta kepedulian dan komitmen untuk menerapkan kebajikan dalam kehidupan sehari-hari. Kedua adalah materi pembelajaranyang berupa segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan dan media pembelajaran anak yang dapat mempertajam panca indera. Karena dengan panca indera anak akan belajar untuk memahami nilai-nilai kehidupan yang ada di lingkungan sekitar. Ketiga adalah aktivitas guru dan anak dalam pendidikan karakter. Lingkungan yang kondusif akan mendukung aktivitas guru dan anak dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Kata kunci: model, pendidikan dan karakter


Full Text: 140-145