Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2014

Font Size: 
TINGKAT PEMAHAMAN DAN PENGUASAAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
Rahmad Rais, Fajar Cahyadi, Ervina Eka Subekti, Riris Setyo Sundari

Last modified: 2015-12-28

Abstract


Guru merupakan sosok yang digugu dan ditiru, begitulah falsafah yang sering kita dengar. LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) merupakan perguruan tinggi yang menjadi tumpuan untuk menghasilkan tenaga-tenaga profesional dalam dunia pendidikan. Program PPL merupakan jembatan untuk mendidik mahasiswa agar mampu menjawab kepentingan tersebut.

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas PGRI Semarang merupakan program studi yang memfokuskan pembekalan berbagai keterampilan yang harus dimiliki oleh mahasiswa untuk menjadi seorang guru SD. Mahasiswa PGSD telah melaksanakan PPL 1 dan PPL 2 sebelum menempuh mata kuliah Skripsi. Dalam pelaksanaannya sampai saat ini belum pernah diketahui bagaimana tingkat keterampilan dasar mengajar mahasiswa PGSD setelah menempuh proses pendidikan dari kegiatan perkuliahan teori sampai pada kegiatan PPL 1 dan PPL 2. Penelitian ini mengkaji tentang keterampilan dasar mengajar mahasiswa prodi PGSD yang telah menyelesaikan mata kuliah teori kependidikan serta telah mengikuti mata kuliah PPL 1 dan PPL 2.

Rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah (1) tingkat keterampilan dasar mengajar mahasiswa PGSD Universitas PGRI Semarang setelah menempuh mata kuliah PPL 1, (2) hubungan yang signifikan antara tingkat pemahaman teori pembelajaran dengan keterampilan dasar mengajar mahasiswa PGSD Universitas PGRI Semarang, (3) hubungan yang signifikan antara keterampilan dasar mengajar pada saat PPL 1 dengan keterampilan dasar mengajar saat melaksanakan PPL 2 mahasiswa PGSD Universitas PGRI Semarang.

Hasil penelitian yang telah dilaksanakan ini adalah (1) Tingkat keterampilan dasar mengajar mahasiswa PGSD Universitas PGRI Semarang setelah menempuh mata kuliah PPL 1 dapat dikatakan sudah baik, hal ini terlihat dari nilai keterampilan dasar mengajar mencapai ratarata sebesar 82, nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 72. (2) Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pemahaman teori pembelajaran dengan keterampilan dasar mengajar mahasiswa PGSD Universitas PGRI Semarang. (3) Ada hubungan yang signifikan antara keterampilan dasar mengajar pada saat PPL 1 dengan keterampilan dasar mengajar saat melaksanakan PPL 2 mahasiswa PGSD Universitas PGRI Semarang.

Keywords: pemahaman, penguasaan, keterampilan dasar mengajar


Full Text: 130-139