Last modified: 2015-12-28
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh strategi mnemonics Devces terhadap kemampuan menghafal aksara Jawa pada siswa kelas III di SD Mlatiharjo 2 Semarang. Dari hasil penelitian ini diharapkan baik siswa maupun guru memperoleh kemudahan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan one group pretes posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Mlatiharjo 2 Semarang dengan sampel siswa kelas III pada semester gasal 2014/2015. Kegiatan penelitian dilakukan dengan cara melaksanakan pretes sebelum penerapan strategi mnemonics Devces diberikan, kemudian hasilnya diobservasi melalui pretest dan posttest untuk mengetahui adanya pengaruh terhadap hasil pembelajarannya. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan data hasil penelitian yaitu kemampuan menghafal bentuk-bentuk aksara Jawa.
Kata kunci: mnemonic devices, menghafal aksara Jawa