Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2014

Font Size: 
PENERAPAN ETIKA BISNIS PADA MASYARAKAT EKONOMI PEREMPUAN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
Endang Wuryandini, Ghufron Abdullah, Oktaviani Adhi Suciptaningsih

Last modified: 2015-11-04

Abstract


Etika bisnis merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah dalam dunia bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan penerapan etika bisnis pada masyarakat ekonomi perempuan di lingkungan IKIP PGRI Semarang. Metode yang digunakan adalah kualitatif, di mana data berupa deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian yang digunakan adalah subyek penelitian, informan dan dokumen.Teknik validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan tahapan analisis data Spreadley dan Longwe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi masyarakat ekonomi perempuan di lingkungan Universitas PGRI Semarang berasal dari latar belakang yang berbeda, baik dari tempat asal, pendidikan, ekonomi serta sosial dan budayanya. Usaha yang dilakukan merupakan upaya untuk memberdayakan diri secara ekonomi. Sebagian besar sudah menerapkan etika bisnis meskipun masih dalam taraf sederhana. Tingkat pendidikan dan pengetahuan yang relatif rendah serta ketrampilan usaha yang sangat sederhana menjadi penyebab belum maksimalnya usaha. Kesimpulannya adalah bahwa penerapan etika bisnis bagi masyarakat ekonomi perempuan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan usaha dan diperlukan rancangan sederhana pengembangan manajemen usaha kecil (termasuk pengembangan pelaksanaan etika bisnis) yang dapat dengan mudah diaplikasikan untuk memaksimalkan usaha. Kata Kunci: Etika Bisnis, Masyarakat Ekonomi Perempuan, Lingkungan

Full Text: 42-48