Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2017

Font Size: 
PENGARUH PUBLIKASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Yulis Maulida Berniz, Parmini Parmini

Last modified: 2019-01-22

Abstract


Corporate social responsibility (CSR) merupakan salah satu bentuk wujud komitmen yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam menjalankan tanggung jawab sosialnya, karena bukan hanya perusahaan memikirkan dari sisi keuntungan perusahaan tetapi juga dari sisi kewajiban sosial kepada masyarakat, konsumen, karyawan, komunitas ataupun lingkungan di luarĀ  perusahaan. Bentuk CSR ini merupakan pendekatan perusahaan untuk mengintegrasikan antara kepedulian sosial bisnis yang dilakukan perusahaan dengan para stakeholders. Keberadaan adanya CSR ini yang merupakan kebijakan perusahaan dalam investasi sosial, bagian dari strategi bisnis, untuk memperoleh license to operate dari masyarakat bahkan merupakan bagian dari risk management. CSR diterapkan dalam operasi bisnis tidak hanya untuk meningkatkan keuntungan perusahaan secara finansial, tetapi untuk pembangunan sosial-ekonomi kawasan secara holistik, melembaga, dan berkelanjutan. Secara tidak langsung pengaruh adanya CSR berimplikasi pada nilai perusahaan itu sendiri.

Kata kunci: corporate social responsibility, nilai perusahaan, stakeholders.


Full Text: PDF