Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2017

Font Size: 
MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH MENGGUNAKAN ENTERPRISE CONTENT MANAGEMENT SYSTEM SEBAGAI MEDIA PELAYANAN PUBLIK DI LINGKUNGAN TK NASIONAL PAKARTI LUHUR KECAMATAN PEDURUNGAN
Daniel Yeri Kristiyanto, Guruh Aryotejo

Last modified: 2017-11-02

Abstract


penggunaan teknologi, hampir setiap institusi sekolah atas di kota Semarang telah memiliki website sebagai media pelayanan
publik. Kondisi ini terbalik dengan lingkungan sekolah dini di kota Semarang, tepatnya di Kecamatan Pedurungan yaitu
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) maupun Taman Kanak-kanak (TK) tidak memiliki media pelayanan publik berbasis
internet yang dikelola secara mandiri. Institusi sekolah pendidikan dini umumnya mengandalkan selebaran, leaflet atau brosur
untuk mengenalkan institusinya. Penerapan teknologi informasi maksimal hanya dijangkau menggunakan social network
dengan informasi yang belum maksimal dan dikelola dengan baik. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan sebuah
methode dan kerangka kerja yang memampukan institusi secara mandiri mengurus rumah tangganya sendiri sesuai dengan
kemampuan masing-masing. MBS dapat dioptimasi menggunakan content management system berbasis enterprise dengan
tujuan sebagai media pelayanan publik yang optimal dengan memanfaatkan kemampuan web masa kini berbasis Model View
Controller (MVC) yang disesuaikan dengan desain rekayasa perangkat lunak menggunakan UML sehingga diharapkan
memiliki kemampuan web dinamis dan responsif. TK Nasional Pakarti Luhur yang terletak di Kecamatan Pedurungan
diharapkan menjadi contoh sekolah rintisan yang akan menerapkan optimasi MBS dengan Enterprise CMS sebagai media
pelayanan publiknya. Parameter keberhasilannya adalah kemampuan web mengelola informasi yang datang dari luar berupa
pendaftaran online, dan informasi penting lainnya yang sesuai visi dan misi sekolah.
Kata Kunci: Manajemen Berbasis Sekolah, Enterprise Content Management System, Media PelayananPublik,
Bisnis Inteligent, Sistem Informasi Sekolah Pendidikan Dini

Full Text: PDF 310-318