Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2017

Font Size: 
Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dan Peramalan Penjualan Produk Terhadap Pencapaian Laba Perusahaan ( Studi Pada UD.Gemilang Kencana Carica di Kabupaten Wonosobo)
Ratna Wijayanti, Nanang Agus S

Last modified: 2017-11-02

Abstract


Pencapaian laba perusahaan salah satunya dipengaruhi oleh bagaimana pengendalian internal persediaan bahan baku dan peramalan penjualan yang ada di perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengendalian internal persediaan bahan baku dan peramalan penjualan terhadap pencapaian laba. Penelitian ini dilakukan pada UD Carica Gemilang Kencana Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Metode analisis yang digunakan adalah dengan metode analisis data deskriptif dan analisis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dan wawancara serta dengan menggunakan pola data penjualan dengan metode peramalan kuantitatif time series, dengan melihat nilai kesalahan yang terbentuk yaitu nilai Mean Squared Error(MSE), nilai Mean Absolute Error (MAE) dan nilai Mean Absolute Percetage Error(MAPE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pengendalian internal dan syarat-syarat pengelolaan persediaan bahan baku yang diterapkan pada UD.Gemilang Kencana berjalan efektif, dan masih terdapat beberapa kelemahan diantaranya:Pada lingkungan pengendalian, masih ada sebagian karyawan yang belum mematuhi peraturan dan kebijakan yang ditetapkan oleh perusahaan; Adanya perangkapan fungsi yaitu fungsi penerimaan dan penyimpanan dilakukan oleh bagian gudang; Fasilitas pergudangan yang ada belum memadai dan penanganan persediaan bahan baku juga belum memuaskan. Serta masih ditemui adanya penumpukan persediaan bahan baku.Metode peramalan penjualan yang dilakukan oleh UD Gemilang melalui metode kualitatif yaitu dengan rapat internal perusahaan, namun tetap berpedoman kepada perusahaan peramalan komoditas nasional.Berdasarkan aktual penjualan carica selama 3 tahun dalam penelitian ini menggunakan metode naif, metode rata-rata bergerak, metode pemulusan eksponensial, dan metode trend. Berdasarkan analisis tersebut metode yang tepat untuk dijadikan sebagai perencanaan atau acuan perusahaan dalam meramalkan penjualan carica di UD Gemilang Kencana untuk periode Januari 2017 sampai Desember 2017 dengan menggunakan metode naif. Dimana pendekatan naïf ini memberikan hasil terbesar diantara metode yang lainnya. Dan metode ini sangat efektif dan efisien dari segi biaya apabila digunakan untuk UD Gemilang Kencana.
kata kunci: pengendalian internal persediaan bahan baku, peramalan penjualan produk dan laba perusahaan

Full Text: PDF 166-179