Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2017

Font Size: 
KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INDONESIA ANAK AUTIS SDLB
Eva Ardiana Indrariani, Th. Cicik Sophia

Last modified: 2017-11-02

Abstract


Keterampilan berbahasa juga dimiliki anak autis. Baik keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca atau keterampilan menulis. Empat keterampilan bahasa tersebut juga diterima anak autis di SDLB. Keterampilan menulis pada dasarnya anak diajarkan dapat menulis angka dan huruf sehingga dapat merangkai menjadi kata dan kalimat. Ternyata hal itu membutuhkan proses dan kesabaran. Anak autis merupakan salah satu kategori anak berkemampuan khusus. Ada hal yang berbeda pada diri anak autis. Meskipun sama-sama autis, kondisi dan keadaan anak bisa saja berbeda. Begitu juga keterampilan menulisnya. Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan menulis bahasa Indonesia anak autis SDLB. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data penelitian ini adalah keterampilan menulis bahasa Indonesia. Sumber data penelitian ini adalah anak autis dan guru kelas III SDLB. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik non tes berupa observasi dan wawancara.
Kata Kunci: Anak Autis; Bahasa Indonesia; Keterampilan Menulis; SDLB

Full Text: PDF 120-122