Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN 2013

Font Size: 
Menggagas Pendidikan Transformatif Berbasis Kearifan Lokal (Sebuah Ekspektasi Pada Kurikulum 2013)
Muhamad Rozikan

Last modified: 2013-12-13

Abstract


Perubahan paradigma kurikulum tahun 2013 menjadi bahan pembicaraan di kalangan pelaku pendidikan, kesiapan menghadapi kurikulum yang baru, menjadi sebuah tantangan yang harus dihadapi dan diimplementasikan pada tahun pelajaran 2013/2014 mendatang, gagasan pendidikan transformatif menjadi salah satu ikhtiyar untuk menyelesaikan persoalan pendidikan yang di nilai sarat pragmatis, sehingga output pendidikan yang ada di Indonesia jauh dari nilai-nilai luhur bangsa. Pendidikan transformatif yang menekankan pada prinsip dialogis, inovatif, kreatif, kritis dan partisipatif dalam pembelajarannya, dinilai lebih memanusiakan manusia dengan system pembelajarannya terpusat pada peserta didik.
Sumber kearifan lokal yang meliputi potensi agama, manusia, alam, dan budaya yang sebelumnya sering termarginalkan dalam pembelajaran, merupakan nilai luhur yang harus termanifestasikan
dalam pembelajaran transformatif, karena melalui kearifan lokal dapat dikembangkan karakter dan kepribadian peserta didik, dengan harapan melalui pendidikan transformatif yang berbasis kearifan lokal, generasi bangsa kedepan tercipta generasi yang mampu menjawab tantangan masa depan, cerdas, berkarakter dan beradab.
Kata Kunci : Pendidikan Tranformatif, Kearifan Lokal

Full Text: PDF