Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN 2013

Font Size: 
Peran Guru Dalam Membentuk Kemandirian Peserta Didik Melalui Pembelajaran Intertainer
Mudzanatun Mudzanatun

Last modified: 2013-12-13

Abstract


Kemajuan pendidikan dan perkembangan teknologi sebagai pendorong terwujudnya perubahan kurikulum. Out put pendidikan mengharapkan peserta didik menemukan bukan menunggu diberitahu. Permasalahan inilah yang menggeliat dibenak para guru. 1)Bagaimanakah peran guru dalam membentuk peserta didik yang mandiri? 2)Bagaimanakah upaya guru dalam membelajarkan intertainer kepada peserta didik. Tujuan tulisan ini mendeskripsikan peran guru dalam membentuk kemandirian peserta didik pada kurikulum 2013 dan cara guru membelajarkan intertainer kepada peserta didik agar mereka mandiri. Pada kurikulum 2013 diharapkan guru berperan aktif menciptakan peserta didik mampu berkompetensi menerapkan keberhasilan pembelajaran dapat menerapkan kompetensi tersebut. Peran guru sebagai vasilitator dan manager pendidikan membentuk suasana kondusif agar dapat menciptakan lingkungan belajar yang nyaman. Guru berperan melatih peserta didik menerapkan ilmu pengetahuan yang didapat di kelas dan luar kelas untuk dijual(dikembangkan sehingga bernilai plus). Dalam hal ini peserta didik bisa memjadi wartawan cilik(warior), reperter, presenter, penari, penyanyi, pembaca berita, penulis puisi anak penulis novel anak, penulis kartun anak, dan masih banyak lagi.
Kata Kunci : Pembelajaran Entertainer

Full Text: PDF