Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN 2013

Font Size: 
Pengoptimalan Nilai Karakter pada Cerita Anak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Tindak Lanjut Penerapan Kurikulum 2013)
Mei Fita Asri Untari, Murywantobroto Murywantobroto

Last modified: 2013-12-13

Abstract


Kurikulum 2013 akan segera diterapkan pada semua jenjang pendidikan di Indonesia. Salah satu alasan perubahan kurikulum adalah kurikulum yang berlaku saat ini dianggap terlalu padat dan tidak efisien. Materi yang dijarkan hanya membebani peserta didik dan tidak banyak digunakan dalam kehidupan nyata peserta didik. Orientasi kurikulum 2013 adalah terjadinya keseimbangan antara kompetensi sikap (attitude), keterampilan (skill) dan pengetahuan (knowledge). Penyeimbangan tersebut dapat dilakukan melalui pengoptimalan nilai karakter dalam cerita anak yang terdapat dalam bahan bacaan buku pelajaran. Melalui langkah ini diharapkan peserta didik dapat meniru hal-hal yang positif yang dicontohkan dalam cerita melalui kalimat-kalimat yang digunakan atau sikap-sikap tokohnya. Cerita yang disajikan tetap disesuaikan dengan tema atau bab dalam mata pelajaran dan ditambah dengan penyisipan nilai-nilai karakter dalam kalimat dan sikap tokoh.

Full Text: PDF