Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN 2013

Font Size: 
Ekspektasi Kinerja Konselor Pada Jalur Pendidikan
Suhendri Suhendri

Last modified: 2013-12-13

Abstract


Konselor sebagai pendidik dapat berperan semaksimal mungkin kepada siswa sehingga mereka dapat berkembang pada tiga ranah tersebut di atas. Fenomena di lapangan ialah masih terdapat konselor yang yang belom profesional hal ini di sebabkan yang menjadi konselor sekolah adalah bukan dari disiplin ilmu bimbingan dan konseling, melainkan dari disiplin ilmu lain seperti agama, PKN dan bahasa indonesia.
Ekspektasi kinerja konselor ; 1) tidak menggunakan materi pembelajaran sebagai konteks layanan bimbingan dan koseling yang memandirikan, 2) Menyusun program bimbingan, melaksanakan program bimbingan, evaluasi pelaksanaan bimbingan, analisis hasil pelaksanaan bimbingan, dan tindak lanjut dalam program bimbingan terhadap peserta didik yang menjadi tanggung jawabnya, 3) Penyusunan program bimbingan dan konseling adalah membuat rencana pelayanan bimbingan dan koseling dalam bidang pembiayaan pribadi/bimbingan sosial, bimbingan belajar dan bimbingan kerier. Sedangkan espektasi kinerja guru mata pelajaran ; 1) Menggunakan materi pembelajaran sebagai konteks layanan Pembelajaran yang mendidik, 2) Menyusun program pengajaran, menyajikan program pengajaran, evaluasi belajar serta menyusun program perbaikan dan pengayaan terhadap peserta didik yang menjadi tanggung jawab.

Full Text: PDF