Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN 2013

Font Size: 
Kurikulum Berbasis Kompetensi Mempengaruhi Peningkatan Prestasi Belajar PIPA SD Mahasiswa Semester III PGSD IKIP PGRI Semarang 2012/2013
Fine Reffiane

Last modified: 2013-12-13

Abstract


PIPA SD adalah sebuah mata yang penting, tetapi hanya sedikit yang memahami apa sebenarnya PIPA SD itu. Untuk itu kebanyakan orang, PIPA SD adalah kumpulan aturan yang harus dimengerti. PIPA SD merupakan salah satu komponen dari serangkaian mata yang mempunyai peranan penting dalam pendidikan.PIPA SD adalah sebuah mata yang penting, tetapi hanya sedikit yang memahami apa sebenarnya PIPA SD itu. Kebanyakan orang, PIPA SD adalah kumpulan aturan yang harus dimengerti, Pengertian tersebut dilihat dari pandangan tradisional.
Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa perlu penerapan BERBASIS KOMPETENSI sebagai salah satu BERBASIS untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Dengan melalui 2 siklus diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan BERBASIS KOMPETENSI dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa.
Hasil belajar siswa dapat meningkat ditunjukan nilai rata – rata pada siklus I adalah 66,14, siklus II 73,95. ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan, siklus I siswa yang tuntas belajar 15 siswa dan yang tidak tuntas 7 siswa, serta ketuntasan klasikal 68%. Siklus II yang tuntas belajar 21 siswa dan yang tidak tuntas 1 siswa, serta ketuntasan klasikal 95%. Hasil uji kompetensi siklus II lebih baik dari siklus I. Keaktifan siswa juga meningkat, hal ini ditunjukan keaktifan siswa pada siklus II > siklus I (76,14% > 55,41%).
KATA KUNCI: BERBASIS KOMPETENSI, Prestasi belajar.

Full Text: PDF