Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL PENGABDIAN 2014

Font Size: 
Pelatihan Kader Pos PAUD dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Anak Usia Dini yang Aktif dan Kreatif Melalui Pendekatan Seni dan Pendidikan Karakter di Kecamatan Kejajar Wonosobo Jawa Tengah
Kristanto Kristanto, Purwadi Purwadi

Last modified: 2017-04-04

Abstract


Tujuan dalam kegiatan pengabdian ini adalah: (1) Memberikan informasi dan pengetahuan kepada
Kader PAUD di Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo tentang penyampaian suatu pembelajaran seni
sehingga pembelajarannya tidak monoton/konvensional; (2) Memberikan penyuluhan kepadada Kader PAUD
di Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo tentang pengemasan suatu pembelajaran seni yang mengarah
pada pendidikan karakter untuk anak secara inovatif dan kreatif; (3) Memberikan pelatihan/praktek kepada
Kader PAUD di Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo tentang cara mengemas suatu pembelajaran seni
untuk anak dalam rangka memenuhi standar pendidikan anak usia dini; dan (4) Memberikan pendampingan
kepada Kader PAUD di Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo dalam mengemas pembelajaran seni yang
mengarah pada pendidikan menyenangkan dalam konsep "Bermain sambil Belajar".
Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah: (1) Metode pendekatan yang digunakan dalam
program ini adalah ceramah dan praktek dalam pembelajaran seni yang mengarah pada pendidikan karakter
dan melibat peserta secara langsung; (2) Rencana Kegiatan, Hari pertama : penyampaian materi pendidikan
karakter dan media seni dalam pembelajaran pendidikan karakter di PAUD, praktek menggambar dan
bemyanyi sederhana, dan evaluasi; (3) Partisipasi Mitra: Mitra dalam hal ini adalah Tutor PAUD Se-Kecamatan
Kejajar Wonosobo. Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini adalah: (1) Kader PAUD lebih terampil dalam
memberikan materi pembelajaran seni kepada anak didik; (2) Kader PAUD mampu mengemas pembelajaran
melalui pendekatan seni bagi anak; (3) Kader PAUD mampu menerapkan pendidikan karakter dalam
pembelajaran AUD.
Keywords: PAUD, Mutu Pembelajaran, Pendekatan Seni, Pendidikan Karakter.

Full Text: PDF 87-92