Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL PENGABDIAN 2014

Font Size: 
Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Hasil PTK dan Indikator Penilaiannya bagi Guru Anggota PGRI di Kabupaten Demak
Sunandar Sunandar, Supardi Supardi, Suyoto Suyoto

Last modified: 2017-03-29

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat IbM ini adalah memberikan pelatihan penulisan artikel
ilmiah hasil PTK dan indikator penilaiannya bagi guru anggota PGRI di kabupaten Demak dalam rangka
meningkatkan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) guru pascasertifikasi berbasis publikasi ilmiah
atas hasil PTK. Metode yang digunakan ini adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan metode
pelatihan. Pendekatan kegiatan ini meliputi empat tahapan yang dilakukan secara sistematis dan
berkesinambungan dengan tahapan: 1) tahap pertama, penyampaian materi: (1) Teknik Penulisan Artikel Hasil
Penelitian Tindakan Kelas dan (2) Kaidah Tata Tulis Jurnal Penelitian; 2) tahap kedua, pelatihan praktik
penyusunan artikel hasil PTK; dan 3) tahap ketiga, pendampingan praktik menyusun artikel hasil PTK beserta
indikator penilaiannya agar siap untuk dimuat dalam jurnal penelitian. Luaran target yang dihasilkan adalah
para guru: 1) termotivasi dan mau melakukan pengembangan inovasi pembelajaran di sekolah melalui PTK
dan 2) membuat artikel hasil PTK yang siap untuk dimuat Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran
"Mimbar Cendekia" sebagai cikal bakal jurnal yang akan diterbitkan PGRI Kabupaten Demak pada tahun 2013.
Sebagai tindak lanjut, PGRI Kabupaten Demak sebagai mitra lbM kegiatan pengabdian ini akan
menindaklanjuti untuk membentuk produk Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran "Mimbar Cendekia"
yang direncanakan akan terbit 2 kali setahun yaitu Maret dan Agsutus.
Keywords: publikasi ilmiah, artikel hasil PTK, indikator penilaian PTK

Full Text: PDF 1-7